Electronic Resource
Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Permainan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Lawang
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Lawang pada materi jaring-jaring bangun ruang. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif, bosan, dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar tentang sifat dan jaring-jaring bangun ruang siswa kelas V SDN 5 Lawang, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas V di SDN 5 Lawang dapat meningkat dengan penerapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang materi sifat dan jaring-jaring bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan alur penelitian meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sumber penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Lawang dengan jumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang , yaitu: (1) pendahuluan, (2) tahap pembagian kelompok, (3) tahap penyajian materi,(4) tahap Presentasi, (5) tahap kesimpulan, (6) penutup. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,00% kategori baik, siklus II memperoleh nilai rata-rata 91,00% kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 77.00% kategori cukup aktif, siklus II nilai rata-rata 91,00% kategori sangat aktif. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,26% dengan nilai rata-rata 71,45. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 92,11% dengan nilai rata-rata 87,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang dapat vii viii meningkatkan hasil belajar tentang Sifat dan Jaring-jaring Bangun Ruang siswa kelas V SDN 5 Lawang.
21344378/SB/2022 | KKI 372 WID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain