Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Permainan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Lawang

Electronic Resource

Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Permainan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Lawang

Heni Widyanti - Nama Orang; Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang;

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Lawang pada materi jaring-jaring bangun ruang. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif, bosan, dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar tentang sifat dan jaring-jaring bangun ruang siswa kelas V SDN 5 Lawang, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas V di SDN 5 Lawang dapat meningkat dengan penerapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang materi sifat dan jaring-jaring bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan alur penelitian meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sumber penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Lawang dengan jumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang , yaitu: (1) pendahuluan, (2) tahap pembagian kelompok, (3) tahap penyajian materi,(4) tahap Presentasi, (5) tahap kesimpulan, (6) penutup. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,00% kategori baik, siklus II memperoleh nilai rata-rata 91,00% kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 77.00% kategori cukup aktif, siklus II nilai rata-rata 91,00% kategori sangat aktif. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,26% dengan nilai rata-rata 71,45. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 92,11% dengan nilai rata-rata 87,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran metode mind mapping berbantuan media alat permainan bangun ruang dapat vii viii meningkatkan hasil belajar tentang Sifat dan Jaring-jaring Bangun Ruang siswa kelas V SDN 5 Lawang.


Ketersediaan
21344378/SB/2022KKI 372 WID p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WID p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 159 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Mind Mapping
Skripsi
Alat Permainan Bangun Ruang
Sifat dan Jaring-jaring Bangun Ruang
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Permainan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Lawang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik