Electronic Resource
Pengembangan Inventori Adaptabilitas Karir Siswa SMK Negreri 2 Kraksaan
Adaptabilitas karir adalah salah satu kesiapan individu saat mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada dunia pekerjaan dan kemampuan untuk membantu dalam penyelesaian masalah pada dunia pekerjaan dan juga berfungsi sebagai mengontrol individu pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkup kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inventori adaptabilitas karir siswa SMK, yang memenuhi standart alat ukur inventori meliputi tingkat validitas, reabilitas dan penormaan yang memadai dan memiliki manfaat bagi konselor dalam memberikan sebuah layanan pribadi dan belajarnya di sekolah.
Pegembangan inventori Adaptabilitas Karir ini berdasarkan prosedur pengembangan Borg and Gall (1989) yang terdiri dari 1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan draf produk (develop preminary from of product), 4) uji coba lapangan awal (preliminary filed testing), 5) uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing) 6) penyempurnaan produk akhir (final product revision). Instrument penelitian menggunakan inventori adaptabilitas karir, populasi penelitiannya adalah siswa SMKN 2 Kraksaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling adalah sekolah SMKN 2 dengan jumlah siswa 222 siswa sebagai sampel penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan untuk menghitung validitas dan reabilitas menggunakan teknik analisis Croncbach Alpha, uji normalitas dan analisis faktor sehingga menghasilkan inventori yang layak bagi siswa SMK.
Inventori yang digunakan telah melalui uji ahli bahasa, uji ahli psikologi, dan uji ahli bimbingan dan konseling, sehingga hasil uji ahli ini menghasilkan pernyataan-pernyataan yang layak untuk diujikan ke lapangan. Hasil pengembangan ini menghasilkan inventori adaptabilitas karir untuk siswa SMK yang terdiri dari 53 item pernyataan yang dinyatakan valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,99 yang berarti bahwa inventori yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi.
Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat mengembangkan inventori adaptabilitas karir untuk siswa yang berada jenjang pendidikan berbeda dengan penelitian ini serta memperluas jumlah sampel penelitian. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan teori lain yang membahas adaptabilitas karir agar siswa dapat mengetahui tingkat adaptabilitas karir yang dimilikinya
21345255/SB/2022 | KKI 371.4 DES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain