Electronic Resource
Panduan Konseling Kelompok Rebt ( Rational Emotive Behwavioral Therapy ) Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Di Smp Islam Ma' Arif 02 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media layanan bimbingan dan koseling berupa buku panduan konseling kelompok REBT untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Jenis Penelitian yag digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R & D), dengan menggunakan lengkah-langkah pengembangan yang disarankan oleh (Borg and Gall, 1983) yang terdiri dari: need assessment, planning, developing primary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, dan final product revision. Subject penelitian ini merupakan 2 orang guru bimbingan konseling, 2 orang dosen bimbingan konseling, dan 25 siswa kelas VIIIA SMP Islam Ma’arif 02 Malang.
Hasil penelitian ini adalah, pertama, pada kajian emperistik berisi tentang hasil survei yang telah dilaksanakan oleh peneliti dan didapatkan data tingkat kebutuhan siswa terhadap pengembangan panduan konseling menggunakan pendekatan konseling kelompok Rational Emotive Behavioral Teraphy (REBT) untuk mengurangi kecemasan siswa dalam mengahapi ujian sangat tinggi. Kedua, panduan konseling kelompok Rational Emotive Behavioral Teraphy (REBT) untuk mengurangi kecemasan siswa dalam mengahapi ujian di SMP Islam Ma’arif. Selanjutnya,berdasarkan hasil penelitian, panduan konseling kelompok Rational
Emotive Behavioral Teraphy (REBT) sangat efektif untuk mengurangi kecemasan siswa dalam mengahapi ujian. Hal dibuktikan oleh hasil post-test berupa penurunan tingkat kecemasan siswa.
Dari hasil penelitian dan kesimpulan bahwa buku panduan konseling kelompok REBT sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik sedangkan dari hasil pelatihan terjadi penurunan kecemasan siswa setelah diberi bimbingan.sehingga efektif untuk mengurangi kecemasan siswa di SMP dalam menghadapi ujian.
21345236/SB/2022 | KKI 371.4 IBR | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain