Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Inkuiri Bebas (Free Inquiry) ditinjau dari Self Regulated Learning (SRL) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Inkuiri Bebas (Free Inquiry) ditinjau dari Self Regulated Learning (SRL) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017

Devy Audina Karyanti - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si - Nama Orang;

Lemahnya pemahaman konsep fisika disebabkan karena proses pembelajaran yang masih bersifat teacher center melalui metode ceramah. Merujuk pada teori para ahli dan penelitian terdahulu, peneliti menerapkan model pembelajaran inkuiri (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dan Self Regulated learning (SRL) agar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry); (2) mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah; (3) mengetahui pengaruh antara interaksi penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan self regulated learning terhadap pemahaman konsep fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah sampel penelitian 66 siswa terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design, dan menggunakan teknik analisis data anova dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry). Diperoleh taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85,91 dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas adalah 77,63; (2) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning tinggi dengan siswa yang memiliki Self Regulated Learning rendah. Diperoleh taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang memiliki SRL tinggi adalah 87,28 dan siswa yang memiliki SRL rendah adalah 78,41; (3) Tidak ada pengaruh antara interaksi pengguaan model pembelajaran inkuiri dengan Self Regulated Learning terhadap pemahaman konsep fisika. Diperoleh taraf signifikan 0,405 > 0,05.


Ketersediaan
2125840/SB/2017KKI 530 KAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 KAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 80 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Skripsi
Inkuiri Terbimbing (guided Inquiry)
self regulated Learning (SRL)
Inkuiri Bebas (Free Inquiry)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik