Electronic Resource
Implementasi Algoritma Shuffle Random Untuk Menentukan Urutan Penggunaan Skill Boss Musuh Secara Acak Pada Game Action 2D
Obstacle merupakan unsur penting yang harus ada pada sebuah game karena
selain memberikan manfaat, obstacle juga dapat mempengaruhi minat pemain saat
bermain game. Bentuk dari obstacle pada sebuah game juga bermacam-macam,
seperti jebakan yang terdapat didalam game, waktu yang ditentukan untuk
menyelesaikan game, teka-teki yang ada didalam game, musuh yang kuat, dan
lain sebagainya. Shuffle Random merupakan salah satu algoritma yang dapat
dijadikan sebagai obstacle pada sebuah game, dimana cara kerja dari shuffle
random sendiri adalah mengacak susunan index sebuah array. Pada penulisan ini,
penulis membuat sebuah obstacle yang melibatkan penggunaan shuffle random
sebagai sistem pengacakan terhadap skill yang akan digunakan oleh boss musuh
pada sebuah game berjenis Action 2D. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat
menjadi referensi bagi para pengembang dalam pengembangan game 2D agar
dapat menghasilkan game yang dapat memberikan pengalaman bermain yang
berbeda kepada pemain. Game ini dapat dimainkan pada Smartphone berbasis
Android sehingga dapat dinikmati oleh seluruh khalayak masyarakat Indonesia
dengan harapan dapat lebih memberikan pengalaman bermain yang berbeda,
sehingga game akan terasa lebih menyenangkan(fun) dan menantang(challenge)
bagi pengguna pada saat dimainkan serta dapat menarik minat pengguna untuk
memainkan sebuah game.
21345226/SB/2022 | KKI 001.6 TEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain