Electronic Resource
Pengembangan E-LKPD Bernasil Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pada Materi Perjuangan Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Pada Kelas V SD
Berdasarkan hasil di SDN Bandung rejosari 1 Malang selama melaksanakan PLP II dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang untuk kelas V sebagian besar kegiatan pembelajaran berpacu pada buku paket belum ada media pembelajaran dan melibatkan peserta didik secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengembangan, kelayakan, kepraktisan, Keefektifan E-LKPD berbasisi CTL Pada Kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang. Instrument pengumpulan data menggunakan angket.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
E-LKPD Berbasis CTL berdasarkan hasil kevalidan oleh ahli Materi memperoleh skor 90% dengan katergori Sangat valid. Penilaian kevalidan oleh ahli Media memperoleh skor 87% dengan kategori sangat valid. Penilaian kevalidan oleh ahli bahasa memperoleh skor 90% dengan kategori Sangat valid. Hasil angket guru memperoleh kepraktisan 88% dengan kategori sangat praktis. hasil Pre-test atau test awal 20% sedangkan post test terakhir 86,66% Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Berbasis CTL valid di gunakan di Kelas.
E-LKPD berbasis CTL dengan materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang dapat digunakan siswa untuk belajar lebih menyenangkan yang tidak hanya bersumber dari buku sekolah, guru sebagai penunjang proses belajar mengajar, dan memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan E-LKPD Berbasis CTL yang keratf dan inovatif. Dari hasil enilitian pengembangan dapat menunjuk bahwa E-LKPD Berdasarkan CTL sangat baik digunakan siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang.
21345223/SB/2022 | KKI 372 MAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain