Electronic Resource
Analisis Kemampuan Advaced Clarification Strategy And Tactics Pada Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA
Penelitian ini meneliti mengenai kemampuan berpikir kritis pada indikator Advanced Clarification, Strategy And Tactics. Kemampuan tersebut dibagi kedalam beberapa indikator yaitu keterampilan berpikir kritis siswa dalam aspek mengidentifikasi asumsi; aspek keterampilan berpikir kritis siswa dalam hal mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi; aspek keterampilan berpikir kritis siswa dalam hal menentukan tindakan; dan aspek keterampilan berpikir kritis siswa dalam hal berinteraksi dengan yang lain.Penelitian ini menggunakan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi dari 7 sekolah dasar di Jawa Timur tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel 225 dari 516 populasi dengan menggunakan rumus Slovin pada margin of error 5%. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan pemberian soal tes berupa soal uraian. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif.Hasil analisis data kemampuan advanced clarification, strategy and tactics pada keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA sebagai berikut: 1) aspek mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi dengan presentase rata-rata 65% tergolong tinggi, kemampuan siswa menjawab soal uraian tepat dan jelas dengan jawaban logis; 2) aspek mengidentifikasi asumsi dengan presentase rata-rata 58% tergolong sedang, kemampuan siswa menjawab soal uraian cukup tepat dan cukup jelas; 3) aspek memutuskan suatu tindakan dengan presentase rata-rata 69% tergolong sangat tinggi, kemampuan siswa menjawab soal uraian tepatdan jelas dengan jawaban logis; 4) Berinteraksi dengan yang lain dengan presentase rata-rata 68% tergolong tinggi, tinggi kemampuan siswa menjawab soal uraian tepat dan jelas dengan jawabanlogis. Presentesae kemampuan advanced clarification, strategy and tactic pada keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa.
| 21345204/PB/2022 | KKI 372 DAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain