Electronic Resource
Penerapan Modul Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas VIII SMPS Simon Petrus Lewoluo
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa adalah memecahkan masalah. Meningkatnya kemampuan ini dapat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui berhasil tidaknya penerapan model pembelajaranProblem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi barisan dan deret kelas VIII SMPS Simon Petrus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitianini adalah pendekatan kualitatif dimana data yang dikumpulkan dapat dijelaskandalam bentuk deskriptor. Metode penelitian yang digunakan yaitu tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi.
Peningkatan hasil belajar siswadari pra tindakan, siklus I dan siklus II dapat dilihat dari presentase ketuntasan pra tindakan 40% dengan nilai rata-rata 66,1
dan siswa yang tuntas 12 orang, pada siklusI presentase ketuntasannya 70% dengan nilai rata-rata 73,30 dan siswa yang tuntas 21orang dan pada siklus II
presentase ketuntasannya 83,33% dengan nilai rata-rata 81,6 dan siswa yang tuntas ada 25 orang. Berdasarkan peningkatan presentase tersebut model
pembelajaran Problem Based Learning cocok untuk diterapkan dikelas.
21345190/SB/2022 | KKI 510 WIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain