Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Penyajian Data Menggunakan Model Numbered Heads Together Berbantuan Power Point Siswa Kelas VII A SMP Masyithoh
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode konvensional di SMP
Masyithoh Ngoro mengakibatkan siswa pasif saat berdiskusi, tidak terbiasa
melakukan presentasi di depan kelas, merasa cepat bodan dan tidak
bersemangat. Hal ini mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu,
perlu digunakan model pembelajaran berbantuan media untuk
menumbuhkan rasa semangat belajar pada siswa. Model pembelajaran itu
adalah NHT. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkahlangkah model pembelajaran NHT berbantuan power point untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi penyajian data. (2)
Mendeskrpsikan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A
SMP Masyithoh.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas VII A SMP Masyithoh Desa
Ngoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto sebanyak 25 siswa. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, observasi, dan
dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi pereduksian data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Pembelajaran dengan model NHT yang dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Peneliti
menjelaskan langkah-langkah pembelajaran. (2) Peneliti membagi siswa
menjadi beberapa kelompok heterogen. (3) Peneliti membagi nomor kepala
dan menentukan nama kelompok. (4) Peneliti menjelaskan materi
pembelajaran dengan media power point. (5) Peneliti membagikan LKK. (6)
Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan LKK. (7) Menentukan anggota
kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi dengan pelemparan dadu
dan pengambilan undian nama kelompok secara acak. (8) Siswa
mempresentasikan hasil diskusi (9) memberikan reward.
(10) Peneliti dan siswa melakukan refleksi. (11) Peneliti membantu siswa
menyimpulkan materi pelajaran.
Hasil pembelajaran dengan model NHT berbantuan power point
menunjukkan peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2.
Persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 86,95%, dan pada siklus
2 menjadi 92%. Dengan demikian, peningkatan prestasi dari siklus 1 ke
siklus 2 sebesar 5,05%.
21345187/SB/2022 | KKI 510 PAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain