Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Cerita Berbasis Aplikasi Mock-Up Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan yaitu berupa kurangnya penggunaan e-modul cerita pembelajaran untuk muatan mata pelajaran Matematika pada materi bangun ruang sehingga belum maksimal dalam menciptakan suasana proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Maka peneliti mengembangkan e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up pada mata pelajaran Matematika pada materi bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up, 2) mendeskripsikan kelayakan dari e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up, 3) mendeskripsikan kepraktisan dari e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up, 4) mendeskripsikan keefektifan e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis ADDIE dengan lima tahapan yakni Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Intrument yang digunakan lembar validasi ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, angket respon calon pengguna (guru dan siswa). Untuk mengetahui
keefektifan produk yang telah dikembangkan menggunakan evaluasi pretest dan posttest. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa pengembangan emodul cerita berbasis aplikasi Mock-up dengan persentase kelayakan isi oleh ahli materi memperoleh 85% (sangat layak), kelayakan penyajian oleh ahli desain memperoleh 93% (sangat layak), dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa memperoleh 75% (layak).
Penilaian dari kepraktisan dari calon penggun (guru) memproleh presentase 90% (sangat praktis) dan penilaian kepraktisan oleh siswa memperoleh presentase 84% (sangat praktis). E-modul cerita ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh presentase 85% dengan kriteria Tinggi. Dan hasil rata-rata (N-gain) data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh persesntase 88% dengan kriteria Kreatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up yaitu sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan pada mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang dan berpengaruhnya pada siswa di SDN Gadang 1 Kota Malang. Saran dari penelitian selanjutnya adalah dapat menerapkan e-modul cerita berbasis aplikasi Mock-up pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam e-modul cerita pembelajaran.
21345178/SB/2022 | KKI 372 ALB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain