Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Soal Cerita Matematika Di Smp Negeri 1 Pakisaji
Komunikasi adalah salah satu kompetensi yamg penting dan harus
dikembangkan dalam setiap topik matematika. Kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji masih rendah. Saat
pembelajaran berlangsung peserta didik kebanyakan pasifnya, sehingga
kemampuan komunikasinya rendah. Melihat fenomena tersebut, maka model
pembelajaran reciprocal teaching perlu diterapkan untuk melibatkan peran aktif
siswa dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi peserta didik pada soal cerita matematika di SMP Negeri
1 Pakisaji.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Pakisaji tahun ajaran 2020/2021 yang
berjumlah 16 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan
lapangan, pedoman wawancara dan soal tes. Analisis datanya menggunakan
metode analisis data kualitatif yaitu pereduksian data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase aktivitas siswa
maupun guru setelah diadakan penelitian mengalami peningkatan. Pada siklus I
persentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,92% dan meningkat menjadi 92,30%
pada siklus II. Sedangkan persentase aktivitas guru sebesar 76,92%, dan
meningkat menjadi 86,53%. Adapun persentase terhadap hasil tes kemampuan
komunikasi matematis peserta didik pada siklus I sebesar 66,60%, kemudian pada
siklus II meningkat mencapai 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada soal cerita
matematika kelas VIII G SMP Negeri 1 Pakisaji. Guru sebaiknya memberi
motivasi agar siswa selalu percaya diri saat mempresentasikan jawaban di depan
kelas dengan cara memberi semangat dan memberi dukungan pada peserta didik.
21345173/PB/2022 | KKI 510 KAP p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain