Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Tenaga Kerja Di SMA Negri 6 Malang
Salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan
mengembangkan sebuah media pembelajaran, karena dengan adanya sebuah media
pembelajaran akan menciptakan suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi
siswa ketika sedang mempelajari materi ekonomi khususnya materi ketenagakerjaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalitan media pembelajaran yang berbasis
animasi pada mata pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan di SMA Negeri 6 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (Research And Development) R&D dengan versi Borg And Goll yang
dibatasi oleh 5 tahap yaitui 1) potensi dan masalah, 2) penelitian dan pengumpulan data,
3) desain produl, 4) validasi desain, dan 5) revisi produk. Instrumen dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan angket serta wawancara. Angket akan ditunjukan kepada
validator materi, bahasa, dan validator media.
Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media diketahui skor
sejumlah 58 dengan presentase penilaian sebesar 90,62%’, hasil validasi yang dilakukan
oleh ahli materi diketahui skor 42 dengan presentase penilaian sebesar 95,45%, dan
validasi yang dilakukan oleh ahli bahasa dengan skor 32 dengan presentase penilaian
sebesar 80% dari semua penilaian dapat dikategorikan “sangat layak”.
Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis animasi yang
didapatkan dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang berbasis animasi ini “sangat layak”
untuk digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi yang ada di SMA Negeri 6
Malang
21345114/SB/2022 | KKI 330 SEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain