Electronic Resource
Analisis Peran Orang Tua Dalam PEmbelajaran Daring (Studi Deskriptif Siswa Kelas III SDN Sumberdem 03 Tahun Ajaran 2020/2021)
Penelitian ini membahas tentang peran orang tua pada pembelajaran daring Siswa Kelas III SDN Sumberdem 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Saat ini dihadapkan dengan masa pandemi di Indonesia, penyebaran (Covid-19) yang semakin meningkat membuat pemerintah menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah maka perlu adanya peran tua dalam proses pembelajaran daring dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung peran orang tua dalam pembelajaran daring, kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring, dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi kendala- kendala pembelejaran daring Siswa Kelas III SDN Sumberdem 03 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian dalam kegiatan ini yakni penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pihak sekolah (guru kelas dan kepala sekolah), dan orang tua. Pelaksanaan dalam mengumpulkan data dengan menggukan formulir wawancara secara tatap muka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran daring orang tua berperan menjadi guru dirumah, menyediakan fasilitas untuk menunjang pembelajaran anak, dan memberikan motivasi agar anak tetap semangat dalam proses pembelajaran daring. Adapun kendala yang dihadapi orang tua yaitu latar belakang pendidikan orang tua yang mempengaruhi dalam mendidik anak, serta kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan. Tetapi dengan adanya kendala yang dihadapi orang tua tidak membuat orang tua putus asa dalam mendampingi anak belajar.
21345112/SB/2022 | KKI 372 YUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain