Electronic Resource
Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori Apos
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analiss
kemampuan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi Sistem Persamaan
Linier Tiga Variabel (SPLTV) berdasarkan teori APOS (aksi, proses, objek, dan
skema). Penelitian ini dilakukan pada tiga peserta didik kelas X MA Miftahul Huda
Kepanjen dengan kemampuan (A) tinggi, (B) sedang, dan (C) rendah. Hasil dari
analisis menunjukan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu
memiliki semua tahapan pada APOS. Peserta didik dengan kemampuan sedang
tidak memenuhi pada tahapan proses. Sedangkan peserta didik berkemampuan
rendah hanya mampu mencapai pada tahapan aksi. Dari uraian tersebut dapat
disimpulkan bahwa tingkat kemapuan peserta didik juga sangat erat kaitanya
dengan tingkat pemahaman konsep terhadap materi yang diberikan. Oleh karena itu
peneliti menyarankan kepada guru untuk memperhatikan proses penyampaian
materi pada pembelajaran matematika.
21345108/SB/2022 | KKI 510 SIL p/ | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain