Electronic Resource
Pengaruh Modul Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo Kecamatan Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 52 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas IVA yang berjumlah 27 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data hanya menggunakan instrumen tes. Uji instrumen untuk tes adalah uji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dengan nilai rata-rata pre-test 24,40 untuk kelas kontrol dan 15,20 untuk kelas eksperimen. Sedangkan nilai rata-rata nilai post-test yang diperoleh sebesar 38,80 suntuk kelas kontrol dan 67,20 untuk kelas eksperimen. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti model Inside Outside Circle (IOC) agar hasil belajar siswa bisa mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal)
21345090/SB/2022 | KKI 372 ALF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain