Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Modul Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo Kecamatan Pakis Kecamatan Pakis  Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengaruh Modul Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo Kecamatan Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Alifatul Alfiana - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 52 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas IVA yang berjumlah 27 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data hanya menggunakan instrumen tes. Uji instrumen untuk tes adalah uji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dengan nilai rata-rata pre-test 24,40 untuk kelas kontrol dan 15,20 untuk kelas eksperimen. Sedangkan nilai rata-rata nilai post-test yang diperoleh sebesar 38,80 suntuk kelas kontrol dan 67,20 untuk kelas eksperimen. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Saptorenggo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti model Inside Outside Circle (IOC) agar hasil belajar siswa bisa mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal)


Ketersediaan
21345090/SB/2022KKI 372 ALF p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ALF p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 53 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Inside Outside Cicle (IOC)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik