Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Numerasi Materi Penjumblahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VI Sd
E-Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa secara mandiri dengan memadukan perkembangan teknologi yang semakin berkembang paa jaman ini. Kelebihan dari E-Modul yang dikembangkan ini yaitu dapat dilihat pada fitur penyajian E-Modul yang memuat materi secara tulisan, video interaktif pembelajaran, latihan soal, serta penilaian yang secara langsung siswa dapat mengetahui nilai yang diperoleh. E-Modul ini dikembangkan melalui website dengan bermuatan mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sehingga siswa tidak perlu meginstal aplikasi yang lainnya, cukup menggunakan laptop atau komputer maupun handphone dan data internet siswa sudah dapat mengaksesnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis literasi numerasi agar siswa dapat menerapkan literasi numerasi secara mandiri melalui proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari serta untuk mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya dalam pembelajaran di kelas VI SD. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan desain ADDIE, terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate yang dilaksanakan di SDN Bakalan 1. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket validasi kepada dosen ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan E-Modul, serta angket validasi guru kelas dan angket kepraktisan siswa untuk menilai kepraktisan E-Modul. E-Modul diujicobakan terbatas kepada 10 peserta didik kelas VI SDN Bakalan 1 dengan memberikan soal pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan E-Modul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan berdasarkan angket validator ahli materi sebesar 73% dikategorikan “Layak”, dan hasil yang diperoleh dari ahki media sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak” . Hasil kepraktisan guru sebesar 97% dikategorikan “Sangat Praktis” dan rata-rata hasil keprkatisan dari siswa memperoleh presentase sebesar 88% dan dikategorikan “Sangat Praktis”. sedangkan untuk presentase kefektifan E-Modul mendapatkan presentase sebesar 72% dikategorikan “Tinggi”. Dengan demikian E-Modul berbasis literasi numerasi materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VI SD layak dan efekif digunakan sebagai media bahan ajar.
21345089/SB/2022 | KKI 372 NIK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain