Electronic Resource
TIndak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII Pada Smp Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara
Tindak tutur direktif sangatlah penting diguakan guru dalam proses pembelajaran
di sekolah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang
dituturkan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlngsung. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII
pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Sedangkan secara khusus
bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail bentuk, fungsi, dan strategi tindak tutur
direktif dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil
Kabupaten Maluku Tenggara.
Teri-teori besar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindak tutur dan
pragmatik. Pragmatik merupakan studi tentang maksud penutur, pragmatik juga diartikan
sebagai cabang ilmu bahasa yang berkaitan dengan aspek pemakaian dalam komunikasi.
Sedangkan tindak tutur merupakan suatu ujaran yang mengandung tindakan sebagai suatu
fungsional dalam komunikasi yang mempertimbangkan aspek situasi tutur. Dalam
menuturkan sebuah tuturan seseorang mempuyai maksud tertentu sehingga tuturan
tersebut dapat disebut juga sebagai tindak. Dan pada dasarnya daya pragmatik
direalisasikan melalui tindak tutur direktif, yang terkandung dalam proses pembelajaran
siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekaan
kualitatif, data dari penelitian ini adalah guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII
pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Langkah-langkah
pengumpulan data penelitian ini dengan cara mengamati hasil rekaman dan mencatat
sesuai dengan rumusan masalah. Selanjutnya analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis semantik yang mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan
menganalisis bentuk, fungsi, dan strategi tindak tutur direktif yang terkandung dalam
proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku
Tenggara.
Hasil penelitian berupa tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran
siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, dapat
disimpulkan tiga unsur yaitu: (1) bentuk tindak tutur direktif, (2) fungsi tindak tutur
direktif, dan (3) strategi tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran siswa kelas
VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.
21345084/PB/2022 | KKI 410 NGU t/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain