Electronic Resource
Pengaruh Kemampuan Inovasi Guru terhadap Keefektifan Sekolah Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat menuntut guru atau tenaga pendidik harus profesional dimana guru harus berinovasi dalam kegiatan pembelajaran salah satunya dalam pembuatan media pembelajaran. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga berdampak positif terhadap keefektifan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan inovasi guru terhadap keefektifan sekolah dasar, sehingga dapat menentukan strategi pengembangan efektivitas sekolah dan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para guru sekolah dasar terutama dalam meningkatkan inovasinya dalam mengajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri yang telah menjadi PNS di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 51 guru. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah teknik sample random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 45 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah diisi oleh guru PNS di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tentang kemampuan inovasi guru terhadap keefektifan sekolah dianalisis dengan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 21 for Windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: nilai signifikansi 0,002< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya kemampuan inovasi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keefektifan sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungkandang di Kota Malang dengan pengaruh sebesar 17,5%, sedangkan sisanya sebesar 82,5% variabel Keefektifan Sekolah akan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Diharapkan guru untuk selalu meningkatkan kemampuan inovasi dengan menambah informasi melalui kegiatan sumber-sumber yang telah tersedia dan mengembangkan hubungan kerja yang baik antar kelompok dalam menggunakan inovasi.
| 21345073/SB/2022 | KKI 372 IND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain