Electronic Resource
Pengembangan Inventasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP
Berfikir kreatif adalah sebagai kemampuan umum yang menciptakan sesuatu yang baru, sebagai kemampuan yang memberikan gagasan-gagasan baru yang bisa diterapkan dalam memecahkan masalah. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan inventori Berfikir Kreatif.
Metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan draft produk (develop preliminary from of product), 4) uji coba lapangan awal (preliminary filed testing), 5) merevisi hasil uji coba lapangan awal (main product revision), 6) uji coba produk (main filed testing), 7) revisi produk hasil uji coba produk (operasional produk revision), 8) uji pelaksanaan lapangan utama (operasional field testing), 9) revisi produk akhir (final product revision). Populasi penelitian ini adalah Siswa SMP 3 negeri Pamekasan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh sebanyak 222 siswa sebagai sampel dalam penelitan ini. Analisis data menggunakan analisis Product Moment Pearson, Alpha Cronbach,dan analisis faktor.
Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk inventori Berfikir Kreatif untuk Siswa SMP 3 Negeri Pamekasan yang terdiri dari 26 item pernyataan yang memenuhi kriteria inventori Berfikir Kreatif yaitu meliputi keterujian validitas dan reliabilitas yang tinggi dengan koefisien sebesar 0,952.
Saran penelitian selanjutnya yaitu dapat mengembangkan inventori Berfikir Kreatif untuk tingkat SD, SMA, dan SMK. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan tori lain yang membahas Berfikir Kreatif agar siswa dapat mengetahui tingkat Berfikir Kreatif yang dimilikinya
21345052/SB/2022 | KKI 371.4 ROB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain