Electronic Resource
Analisis Basic Support Dan Inference Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Pada Pembelajaran IPA
Kemampuan berpikir kritis harus dimiliki oleh siwa untuk mengolah informasi dan unsur-unsur untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir secara manual dan mempunyai pertimbangan secara mendasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar (basic support) dan tingkat menarik kesimpulan (inference) Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Pada Pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar (basic support) dan tingkat menarik kesimpulan (inference) Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Pada Pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tinggi sekolah dasar di beberapa kabupaten pada Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2021/2022 yang
berjumlah 516 siswa. Instrumen berupa 10 soal uraian kemampuan berpikir yang terdiri atas 2 aspek. Instrumen soal yang digunakan telah divalidasi mengunakan IBM SPSS 23 dan dosen ahli. Analisis dilakukan terhadap jawaban siswa dan dikategorikan ke dalam empat kategori yaitu sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) aspek Kemampuan/Dukungan Dasar (Basic Support) tergolong tinggi dengan skor rata - rata 2,54. Siswa sudah mampu menjawab dengan benar dan beberapa memberi alasan yang tepat sesuai argument yang dia dapat. Hal ini sudah cukup baik, akan tetapi perlunya peningkatan dengan cara memilih bahan ajar yang tepat untuk mengasah kemampuan dalam aspek tersebut. 2) aspek Kesimpulan (inference) tergolong tinggi dengan skor rata – rata 2,96. Siswa mampu menjawab dengan benar dan beberapa disertai alasan yang tepat. Hal ini cukup baik dalam tingkat kemampuan berpikir kritis, akan lebih baik dilakukan peningkatan bagi beberapa siswa yang masih rendah yaitu dengan solusi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat memberikan pertanyaan yang bersifat Open Ended guna mengasah kemampuan berpikir kritis siswa dalam aspek kesimpulan.
21345050/SB/2022 | KKI 372 PRA a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain