Electronic Resource
Keefektifan Layanan Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Di SMP Negeri 4 Macang Pacar
Skripsi membahas tentang Kefektifan Layanan Belajar Kelompok Terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 4 Macang Pacar.Banyaknya peserta didik yang kurang memahami materi ketika belajar siswa di rumah,kadang mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan terlalu banyak waktu bermain anak sehingga ketika diminta belajar terabaikan. Untuk melancarkan aktivitas belajar siswa maka peneliti berinisiatif untuk melakukan proses belajar kelompok.
Peneliti ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design)dengan desain dilakukan dengan cara memberikan perlakuan. Pengambilan subjek dalam peneliti ini menggunakan pretest .Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Macang Pacar yang memiliki prestasi belajarnya rendah berjumlah 6 orang. Pengumpulan data ini dilakukan menggunakan prestest dan postest serta dokumentasi. Kegiataan analisis menggunakan uji jenjang Wilcoxon.
Hipotesis dari penelitian ini adalah belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa, dari 6 siswa yang prestasi belajarnya meningkat dari hasilnya perhitungan nilai Bahasa Inggris dapat di simpulkan bahwa Zhitung adalah – 2 .041 dan signifkan.(2 tailed) adalah sebesar 0.041. Jika probalilitas > 0,05, maka H0 (Nol Hypotesis) diterima, Ha (Alternatif Hypotesis) ditolak dan jika probabilitas < 0,05 maka H0 (Nol Hypotesis) ditolak, Ha (Alternatif Hypotesis) diterima. Jadi siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Macang Pacar yang dijadikan subjek dan dapat diterima kebenarannya dalam taraf signifikan 5%.
Dengan demikian hasil hipotesis yang diajukan diterima dan dibuktikan layanan belajar kelompok efektif untuk meningktkan prestasi belajar siswa kelas VII C di SMP Negeri 4 Macang Paca
21345026/SB/2022 | KKI 371.4 DEW k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain