Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Ipa Pop-Up Berbasasis Konstektual Sebagai Media Pembelajaran Rantai Makanan Untuk Meningkatakan Presentasi Siswa Kelas IV
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar bagi anak SD Kelas 4 yang menghasilkan bahan ajar Pop-up yang layak digunakan dalam mata pelajaran IPA da mengetahui hasil validasi kelayakaan oleh ahli serta mengetahui hasil uji coba oleh guru.
Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar. Pendekatan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model Sugiyono mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg and Gall. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dengan ahli, ahli media dan ahli bahasa, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 3 Jabung Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut, (1) Analisis kebutuhan bahan ajar yang dikembangkan mengacu pada karakteristik siswa kelas IV SDN 3 Jabung Kab Malang. (2) Dihasilkan bahan ajar pop-up IPA yang layak dengan pokok bahasan struktur bagian tumbuhan dan fungsinya untuk siswa kelas SDN 3 JABUNG Kabupaten Malang. (3) Hasil validasi oleh dua ahli media memperoleh skor rata-rata 3,59 kategori layak, dan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,81 kategori layak. (4) Respon siswa terhadap bahan ajar berdasarkan hasil uji coba kepada siswa yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 0,98 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba bahan ajar pop-up adalah layak.
21344986/SB/2022 | KKI 372 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain