Electronic Resource
Analisis Penerapan Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 02 Petungsewu Wagir Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; penerapan Model Mind Mapping terhadap siswa kelas V SDN Petungsewu 02 Wagir pada pembelajaran tematik, anggapan siswa kelas V SDN Petungsewu 02 Wagir mengenai penerapan Model Mind Mapping terhadap pembelajaran tematik, dan peningkatan berpikir
kritis dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas V SDN Petungsewu 02 Wagir menggunakan Model Mind Mapping.
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap baik secara individu atau kelompok. Sumber data peneliti ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Petungsewu 02 Wagir Malang pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Siswa kelas V terdiri dari 28 siswa yang terdiri dari 14 iswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Peneliti menggunakan guru kelas dan seluruh siswa sebagai subyek peneliti. Teknik pengembilan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini memperoleh informasi tentang penerapan model mind mapping, yaitu (1) Guru menjelaskan capaian indikator materi yang dipelajari, (2)
Guru menampilkan materi dengan model mind mapping dalam bentuk gambar dikertas atau menggambar di papan tulis, (3) Guru menjelaskan makna dari katakata, gambar, garis-garis penghubung, (4) siswa mengerjakan tugas pembelajaran tematik dengan model mind mapping, (5) guru memberikan refleksi, (6) guru memberikan soal untuk mengukur ketercapaian indikator. Anggapan siswa kelas V SDN Petungsewu 02 Wagir mengenai penerapan Model Mind Mapping terhadap pembelajaran tematik, siswa sangat antusias menggunakan model mind mapping, siswa menjadi lebih aktif, dan siswa lebih semangat mengerjakan tugastugas khususnya pada pembelajaran tematik. Pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 02 Petungsewu Wagir, model mind mapping dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Bentuk model mind mapping yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa, yakni model mind mapping yang simpel dan menarik, serta penyajian kata-kata menarik yang berhubungan dengan materi pembelajaran khususnya pembelajaran tematik
2132073S/SB/2020 | KKI 372 WIN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain