Electronic Resource
Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha Usaha dan Kegiatan Ekonomi Siswa SD Kelas V SDN Karanganom Lumajang
Fakta pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat ini masih kurang maksimal dalam mengaplikasikan pembelajaran. Sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa hendaknya seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang dapat mendukung tujuan pembelajaran. Salah satu model yang mendukung tujuan tercapainya pembelajaran yaitu dengan menggunakan Media Audio Visual.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Siswa SD Kelas V SDN Karanganom 02 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan desain penelitian Pre-test Post-test Group Design. Sampel penelitian kelas VA sebagai kelas ekperimen dengan subjek penelitian 21 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan subjek penelitian 21 siswa. Data siswa diperoleh dari tes yang diberikan sebelum perlakuan (pretest) dan tes yang diberikan setelah
perlakuan (posttest) dari kelas kontrol dan eksperimen.
Data yang diperoleh dianalisis dengan mengguakan uji t Perhitungan uji t dilakukan dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil analisis pengujian hipotesis terhadap hasil belajar didapatkan signifikasi sebesar 0,003 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga
dapat disimpulkan ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa materi usaha dan kegiatan eonomi siswa SDN Karanganom 02 Lumajang.
21345444/SB/2023 | KKI 372 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain