Electronic Resource
Hubungan Antara Identifikasi Terhadap Idola Dengan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 1 Donomulyo Malang
Identifikasi adalah kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Orang lain menjadi sasaran identifikasi dinamakan idola. Identifikasi merupakan bentuk lebih lanjut dari proses imitasi yang pengaruhnya sangat kuat. Konsep diri berpengaruh kuat terhadap tingkah perilaku individu. Dengan mengetahui konsep diri individu, akan lebih mudah meramalkan dan memahami perilaku individuPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang (1) identifikasi terhadap idola; (2) konsep diri siswa; (3) hubungan antara identifikasi terhadap idola dengan konsep diri siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Donomulyo Malang.
Penelelitian bertujuan untuk mendiskripsikan informasi tentang (a) perilaku identifikasi terhadap idola pada siswa di SMP Negeri 1 Donomulyo Malang; (b) mendiskripsikan gambaran konsep diri pada diri siswa di SMP Negeri 1 Donomulyo Malang; (c) mendiskripsikan ada atau tidaknya hubungan antara identifikasi terhadap idola dengan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Donomulyo Malang.
Penelitian ini mengunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Donomulyo Malang yang berjumlah 138. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Dari populasi sebesar 138 siswa, maka sampel yang diambil 58 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, uji validitas semua item
valid. Reliabilitas item reliabel. Analisa data dengan menggunakan metode presentase dan korelasi Product Moment Pearson.
Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Identifikasi terhadap idola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Donomulyo Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 58 siswa yang memiliki klasifikasi sangat sedikit sebesar 10,34% memiliki kriteria sangat tinggi, klasifikasi cukup banyak sebesar 41,38% memiliki kriteria tinggi, klasifikasi sedikit besar 39,66% memiliki kriteria sedang, dan klasifikasi rendah
sebesar 8,62% memiliki kriteria rendah; (2) Konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Donomulyo Malang menunjukkan sebesar 24,14% kriteria sangat tinggi, 41,38% memiliki kriteria tinggi, 24,14% memiliki kriteria sedang, dan 10,34% memiliki kriteria rendah; (3) Ada hubungan antara identifikasi terhadap idola dengan konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Donomulyo Malang tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan membandingkan r hitung dan r tabel di mana diperoleh r hitung = 0,636 > 0,258 pada taraf signifikasi 5%.
21345006/SB/2022 | KKI 371.4 WUL i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain