Electronic Resource
Perbedaan Disiplin Belajar Siswa Yang Berasal Dari Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di MTs Miftahul Anwar Pamoroh Pamekasan
Disiplin merupakan salah satu kunci kesuksesan. Disiplin diperlukan siswa, baik itu disiplin dalam menaati tata tertib sekolah, disiplin dalam belajar disekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, maupun disiplin dalam belajar dirumah, sehingga akan dicapai hasil belajar yang optimal. Disiplin berperan penting dalam membentuk individu yang berciri keunggulan. Sikap disiplin bagi siswa merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan lebih-lebih pada siswa di MTs. Dengan disiplin yang di dasari dengan kesadaran diri, siswa akan berhasil dalam belajarnya.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) untuk mendeskripsikan disiplin belajar siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah di MTs Miftahul Anwar Pamoroh Pamekasan (2) untuk mendeskripsikan disiplin belajar siswa yang berasal dari Sekolah Dasar di MTs Miftahul Anwar Pamoroh Pamekasan. dan (3) untuk mengetahui perbedaan disiplin belajar siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di MTs Miftahul Anwar Pamoroh Pamekasan.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahul Anwar Pamoroh yang berjumlah 71 siswa yang berasal dari MI, dan 27 siswa yang berasal dari SD. Sampel diambil dengan total populasi. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persentase dan Uji T.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Sangat banyak (85.92 %) siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah di MTs Miftahul Anwar Pamoroh ada kecenderungan disiplin tinggi, dan sedikit sekali (14.08 %) siswa memiliki disiplin belajar sedang, dan tidak ada yang rendah. (2) Banyak ( 77.78 %) siswa yang berasal dari Sekolah Dasar di MTs Miftahul Anwar Pamoroh ada kecendengan memiliki disiplin tinggi dan Sedikit (22.22 %) siswa memiliki kecenderungan kedisiplinan belajar sedang, dan tidak ada yang rendah. (3) ada perbedaan disiplin belajar siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di MTs Miftahul Anwar Pamoroh Pamekasan, nilai t hitung (2.038) > t tabel (1,273).
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran, yaitu: Bagi konselor, guru dan kepala sekolah, diharapkan untuk mengembangakan kinerja yang sudah baik, dan disarankan untuk selalu berkolaborasi dengan guru, kepala sekolah dan orangtua siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, agar siswa dapat mencapai cita-cita yang diharapkan. Bagi peneliti selanjutnya, yang ingin mengembangkan penelitian tentang kedisiplinan belajar siswa dapat menambah instrumen pengumpulan data bisa berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, sehingga hasil yang diperoleh lebih baik dan akurat.
21344998/SB/2022 | KKI 371.4 YUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain