Electronic Resource
Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Self Esteem Terhadap Kecemasan Berkomunikasi Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri Mbeliling
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan
emosional, self esteem terhadap kecemasa berkomunikasi pada siswa kelas VIII di
SMPN I Mbeliling. Populasi penelitian ini adalah 493 siswa. Pengambilan
sampel menggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin,
sehingga diperoleh jumlah 245 sampel (siswa) Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, serangkaian uji hipotesis (uji
t,uji f ) dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap self esteem pada
siswa SMPN I mbeliling. Kecerdasan emosional secara positif tidak berpengaruh
terhadap kecemasan berkomunikasi pada siswa SMPN I mbeliling. Sedangkan
self esteem secara positif tidak berpengaruh terhadap kecemasan berkomunikasi
pada siswa SMPN I mbeliling. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa
99,8 % kecemasan berkomunikasi pada siswa SMPN I Mbeliling dipengaruhi oleh
faktor variabel lain yang tidak diteliti, dengan demikian diperlukan penelitian
secara berkelanjutan.
21344940/SB/2022 | KKI 371.4 ERI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain