Electronic Resource
Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Literasi Membaca Anak Pada Materi Energi Alternatif Dan Pengunaanya Di SDN Tambakasri Sumbermanjing Wetan
Ensiklopedia adalah suatu kumpulan tulisan yang yang termuat secara alfabetis dimana membahas sebuah bidang ilmu yang terperinci dan mudah dipahami. Seiring berkembangnya teknologi, pendidik dituntut profesional sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Observasi yang dilakukan di SDN 3 Tambakasri Sumbermanjing Wetan, bahan ajar yang digunakan masih sangat sederhana. Pengemasan buku yang kurang menarik serta latihan soal yang monoton membuat siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangan ensiklopedia agar siswa memahami pelajaran khususnya materi energi alternatif dan penggunaannya serta lebih bersemangat dengan desain bahan ajar yang menarik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kekpraktisan, dan keefektifan ensiklopedia berbasis literasi membaca anak pada materi energi alternatif di SDN 3 Tambakasri Sumbermanjing
Wetan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket kelayakan diberikan kepada ahli media dan ahli materi, sedangkan angket kepraktisan diberikan kepada guru dan siswa. Teknik analisis data meliputi data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif berupa angka yang didapatkan dari angket kepraktisan dan kelayakan, sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran yang diberikan validator para ahli serta guru. Subjek penelitian ini ada empat yaitu ahli media, ahli materi, guru kelas IV, dan siswa kelas IV SDN 3 Tambakasri Sumbermanjing Wetan. Ensiklopedia berbasis literasi membaca anak pada materi energi alternatif dan penggunaannya ini menghasilkan berberapa kategori yaitu: (a) layak, dengan masing- masing perolehan dari presentase ahli bahan ajar 85%, ahli materi 71%. (b) Praktis, yang dihasilkan dari presentase respon guru 90% dan respon siswa 79%. (c) efektif, hasil penelitian menyatakan nilai siswa diatas rata-rata dan dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil yang diperolah tersebut, ensiklopedia berbasis literasi membaca anak pada materi energi alternatif dan penggunaannya ini dapat digunakan di lapangan karena dikategorikan layak, praktis dan efektif.
21344924/SB/2022 | KKI 372 ERM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain