Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Peta Pada Pembelajaran IPS Materi Letak Geografis Berbasis Scanbarcode Kelas 5 SD

Electronic Resource

Pengembangan Media Peta Pada Pembelajaran IPS Materi Letak Geografis Berbasis Scanbarcode Kelas 5 SD

Virgilius Darwin R. N. Tangga - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, M.Pd. - Nama Orang; Denna Delawanti C, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran secara efektif dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi pada saat ini, sehingga perlu adanya suatu teknologi yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu salah satunya penggunaan scanbarcode untuk memudahkan peserta didik dalam memhami materi letak geografis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan media peta pada materi letak geografis berbasis scanbarcode kelas 5 SD Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan empat tahap yakni: Analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (develop), implementasi (Implement). Metode penelitan yang digunakan peneliti sampai tahap implementasi (Implement). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu perserta didik kelas IV SDN Marga Bhakti berjumlah 10. Instrument yang digunakan yaitu angket. Angket meliputi angket validasi ahli media, materi, dan Bahasa, Angket kepraktisan guru dan peserta didik.Hasil Validasi oleh ahli media mendapatkan presentase 87% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 78% ketegori sangat layak, hasil validasi ahli bahasa mendapatkan presentase 98% kategori sangat layak. Hasil kepraktisan penilaian oleh calon pengguna (guru) mendapatkan presentase 87% kategori sangat baik dan hasil kepraktisan penillaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan presentase 99% kategori sangat baik. Berdasarkan paparan hasil penelitian diatas, media peta dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan dilapangan. Media peta ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran, membantu siswa untuk belajar mandiri dan memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media yang berinovasi.


Ketersediaan
21344919/SB/2022KKI 372 TAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 TAN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 81hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
IPS
Skripsi
Media Peta
Scanbarcode
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik