Electronic Resource
Analisis Keterampilan Sosial Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang
Keterampilan sosial diperoleh melalui proses kegiatan belajar, baik belajar
dari orang tua sebagai figur yang paling dekat dengan anak maupun belajar dari
teman sebaya dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk
mengetahui Aspek keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV
SDN Tanjungrejo 5 Malang. Untuk mengetahui Peran perangkat pembelajaran
terhadap proses melatih keterampilan sosial siswa.
Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas dan peserta didik di SDN Tangjungrejo 5 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil pengisian angket siswa yang disebarkan peneliti didapatkan, kebanyakan dari siswa SDN Tanjungrejo 5 Malang sudah memiliki keterampilan sosial, hal ini ditunjukan oleh sikap yang saling menolong, saling bekerja sama, suka membantu, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan menyelesaiakan tugas secara bersama. Selain itu, berdasarkan pengamatan peneliti pada saat bergabung pada proses pembelajaran yang diselenggarakan lewat aplikasi whatshap pada Rabu, 7 Januari 2021 pukul 11.30 WIB, peneliti menemukan bahwa selama proses pembelajaran diskusi terlihat semua siswa aktif atau terlibat dalam pembelajaran. Selain keaktifan siswa peneliti menemukan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik, dimana ketika guru menyampaikan materi semua siswa mangambil sikap untuk mendengarkan dan bertanya pada saat diberikan kesemptan oleh guru. Selain keterampilan sosial yang ditunjukan antara semua siswa di atas berdasarkan hasil wawancara guru juga menunjukan interaksi sikap yang baik kepada peserta didik dengan cara berdiskusi dengan siswa, mendengarkan penyampaian siswa, memberitahukan siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu dan memberikan arahan dan pengertian bagi siswa ketika menemukan proses pembelajaran terjadi tidak saling mendengarkan.
21344916/SB/2022 | KKI 372 KAM a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain