Electronic Resource
Pemgaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Probing Promting Di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode probing prompting dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa untuk motivasi tinggi dan motivasi rendah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan model pembelajaran yang digunakan; (3) mengetahui interaksi antara model discovery learning dan metode probing prompting dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa yang dilakukan di SMP Negeri 6 Singosari pada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian terdiri dari 25 kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Pengambilan data angket motivasi belajar dan tes prestasi
belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji varian (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan probing prompting dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung = 19,101 ≥ Ftabel= 0,361 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05 (2) . Nilai prestasi belajar fisika siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu untuk tingkat motivasi sendiri lebih tinggi motivasi belajar untuk kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model discovery learning dengan probing prompting dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung = 1,013 ≥ Ftabel= 0,361 pada taraf signifikan 0,318 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model discovery learning dengan metode probing prompting berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa, namun model pembelajaran dan motivasi belajar siswa memberikan pengaruh secara terpisah terhadap prestasi belajar siswa.
21344910/SB/2022 | KKI 530 HID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain