Electronic Resource
Peran Sekolah Dalam Pembiasaan Nilai Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan Di Sekolah Dasar Negri Bandungrejosari 1 Malang
Pandemi Covid 19 membuat kegiatan tidak bisa dilakukan secara langsung sehingga pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring menyebabkan erosotnya nilai karakter peduli sosial. Hal ini membuat sulitnya guru menerapkan kebiasaan nilai karakter peduli sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan yang dilakukan sekolah pada peserta didik saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SDN Bandungrejosari 1 menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Dalam penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi yaitu reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pembiasaan nilai karakter peduli sosial dilakukan dengan menggunakan metode pembiasan yaitu guru selalu membiasakan penerapan nilai karakter peduli sosial dilakukan guru melalui google meet, dan WAG. Serta metode penugasan meliputi kegiatan membersihkan lingkungan sekitar untuk meningkatkan sikap peduli terhadap lingkungan. Oleh kareana itu, guru sangat berperan penting saat pembelajaran daring.
21344903/SB/2022 | KKI 372 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain