Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Dan Alat Evaluasi Elektronik Pada Keterampilan Membaca Puisi Berbasis Aplikasi Di Kelas 1 Sekolah Dasar
Kegiatan pembelajaran di SDN Sumbersuko 1 Wagir saat pandemi COVID-19 di laksanakan secara online. Kegiatan pembelajaran online tersebut guru masih menggunakan bahan ajar dalam bentuk cetak, guru juga hanya melakukan evaluasi pembelajaran bagi siswa pada ranah kognitif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar dan alat evaluasi elektronik pada keterampilan membaca puisi untuk siswa kelas 1 di SDN Sumbersuko 1 Wagir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar dan alat evaluasi elektronik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dimodifikasi menjadi model 3D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap development dilakukan validasi ahli dan uji coba pengembangan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kelayakan memiliki presentase 100% pada ahli materi, 87,5% pada ahli media, dan 92,8% pada ahli bahasa. Uji kepraktisan guru memiliki presentase 78,47% sedangkan uji kepraktisan siswa memiliki presentase 90%. Uji keefektifan memiliki rata-rata nilai 80 pada ranah kognitif dan 78,6 pada ranah psikomotorik. Berdasarkan perolehan data tersebut, bahan ajar dan alat evaluasi elektronik menggunakan aplikasi anyflip dan formative layak di gunakan untuk siswa sekolah dasar. Peneliti berharap kepada kepala sekolah untuk menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran, guru dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia di internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran, dan untuk peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnya.
21344900/SB/2022 | KKI 372 NUG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain