Electronic Resource
Peningkatkan Motorik Halus Dengan Tehnik Origami Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tirtomoyo
Kemampuan Motorik Halus Anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tirtomoyo masih tergolong sangat rendah, sehingga anak belum mampu berkarya seni melipat berbagai bentuk dari kertas origami. Maka penulis tertarik menggunakan metode melipat kertas untuk peningkatan motorik halus anak. Peningkatan Motorik halus Dengan Tehnik Origami pada siswa kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tirtomoyo”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Motorik Halus Dengan Tehnik Origami pada siswa kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tirtomoyo.
Jenis Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau yang biasa disebut Classroom Action Research. Alat pengunpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan menggunakan pengumpulan data tersebut maka hasil dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan motoric halus anak yang mana pada siklus 1 pertemuan ke-1 dengan melipat kertas (origami) peningkatan kemampuan motorik halus anak terjadi pada 5 anak dari 15 anak atau 31,5%, pada siklus 1 pertemuan ke -2 peningkatan terjadi pada 6 anak dari 15 anak atau 35,5%, pada siklus 2 pertemuan ke-1 peningkatan terjadi pada 10 anak dari 15 anak atau 60,5 %, pada siklus 2 pertemuan ke-2 peningkatan terjadi pada 12 anak dari 15 anak atau 80 %. Penelitian berakhir di siklus 2 pertemuan ke-2 dan tidak dilanjutkan ke siklus yang berikutnya. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa anak usia dini khususnya pada Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tirtomoyo kurang dan perlu mendapatkan stimulasi dengan cara melakukan kegiatan melipat kertas (origami) untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak.
21344898/SB/2022 | KKI 372 MUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain