Electronic Resource
Pengembangan Kartu Magic Untuk Meningkatkan Bebahasa Anak Kelompok B Di TK Sunan Ampel Sumbersuko Dampit Kabupaten Malang
Kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun, merupakan kebutuhan dasar yang penting untuk dikembangkan. Sehingga dibutuhkan suatu media yang dapat membuat anak menjadi aktif dan menyenangkan. Salah satu media yang digunakan yaitu media Kartu Magic yang akan digunakan untuk meningkatkan berbahasa anak membantu anak belajar berbahasa secara maksimal juga menyenangkan.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari 9 langkah yaitu: 1)penelitian dan pengumpulan data;(2)membuat perencanaan;(3)mengembangkan persiapan bentuk produk; (4) uji coba terbatas; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan luas; (7) penyempurnaan produk hasil uji; (8) uji operasional; (9) melaksanakan revisi produk final. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi sebagai bukti kerterlaksanaan serta aktifitas anak. Teknik analisi data menggunakan skala Guttman (deskriptif) dengan persentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional, memperoleh hasil yaitu, hasil presentase dari validasi ahli materi 85%, validasi ahli media 95%, semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media Kartu Magic layak digunakan. Maka dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Kartu Magic sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan kemampuan berbahasa anak kelompok B. Penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi guru dalam mengajar pembelajaran pada aspek pengembangan berbahasa anak dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengembangan media Kartu Magic untuk aspek perkembangan lainnya.
21344897/SB/2022 | KKI 372 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain