Electronic Resource
Pengembangan Media Jelajah Pulau Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Tunas Muda Rembun Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Tahun 2020
Karakteristik kemampuan perkembangan kognitif terdiri dari menyempurnakan huruf atau suku kata, menyempurnakan kalimat dan mengisi titik-titik, menceritakan kegiatan berdasarkan gambar dan membaca percakapan, membaca angka 1-10, menyapa dengan tutur kata sopan, membangun kemampuan pendengaran untuk membedakan bunyi-bunyian huruf yang terpisah, mencocokkan bunyi huruf awal dengan gambar, mengelompokkan benda, mencocokkan gambar, memahami konsep bangun ruang, konsep luas, dan konsep waktu.
Penelitian produk pendidikan yang dikembngkan penulis yaitu media jelajah pulau untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Muda Rembun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap, yaitu tahap validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional , memperoleh hasil antara lain, hasil prosentase dari validasi ahli materi 89,06%, validasi ahli media 96,15%, sedangkan uji coba lapangan 90,83% dan 94%.yang semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Media Jelajah Pulau sangat layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak.
Menurut analisa sumber belajar yang telah dilakukan, sangat diperlukan media jelajah pulau, untuk meningkatkan kemampuan kognitif kelompok B di TK Tunas Muda Desa Rembun. Dengan adanya media jelajah pulau, kemampuan belajar memecahkan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolik anak dapat berkembang dengan baik.
21344895/SB/2022 | KKI 372 PUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain