Electronic Resource
Penerapan Modal Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas VIII Smp PGRI 6 Malang
Model Discovery Learning merupakan teori belajar yang diartikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bilamana peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan peserta didik dapat mengorganisasi sendiri. Model Discovery Learning adalah untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif dan akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Tekanan Zat Padat Dan Tekanan Hidrostatis, sedangkan pada siklus II dengan pokok bahasan Hukum Archimedes dan Penerapannya. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahu ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP PGRI 6 Malang dengan jumlah siswa 37 orang.
Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dieroleh, keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 75% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II adalah 84,89% berada pada kualifikasi baik. Dari persentase keterampilan proses sains siswa pada siklus I adalah 73% berada pada kualifikasi cukup baik dan pada siklus II adalah 83% berada pada kualifikasi baik.
Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Ini dapat dilihat dari perbandingan persentasi rata-rata prestasi belajar pra siklus sebesar 66,89% dengan kualifikasi cukup baik, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70,81% berada pada kualifikasi cukup baik dan pada siklus II sebsesar 73,11% dan berada pada kualifikasi cukup baik. Dilihat dari ketuntasan belajar, prestasi belajar pada pra siklus sebesar 48,65% dengan kualifikasi kurang baik, siklus I adalah 62,16% dengan kualifikasi cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,08% dengan kualifikasi baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Discovery Learninag dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan presrasi belajar IPA siswa SMP PGRI 6 Malang
21344891/SB/2022 | KKI 530 BETp/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain