Electronic Resource
Analisis Pemanfaatan Aplikasi Quiziz Terhadap Evaluasi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid -19 Kelas II C Sdn Bandung Rejosari 1 Kota Malang
Pandemi covid-19 membuat sistem pembelajaran di Indonesia yang berlangsung secara klasikal berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan penelitian ini yakni mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menjelaskan bahwa pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas II C dapat meningkatkan hasil evaluasi pembelajaran melalui quizizz sebagai aplikasi pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran di masa sekarang beda dengan pembelajaran yang seperti biasanya hal ini disebabkan adanya virus covid-19 yang menyebar keseluruh dunia dan mengakibatkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (dari rumah) atau pembelajaran jarak jauh sehingga pembelajaran membutuhkan media pembeajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini mengguanakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber pada penelitian ini adalah 1 guru dan siswa kelas II C SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang. instrumen yang digunakan pedoman wawancara, pedoman angket, pedoman observasi dan kamera. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan analisiss kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa quizizz merupakan media pembelajaran untuk kegiatan evaluasi pembelajaran. Terdapat interaksi ketika vi peserta didik mengerjakan evaluasi pembelajaran, sehingga peserta didik merasa termotivasi untuk mengerjakan evaluasi merasa senang dan tidak mudah bosan. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dari peningkatan hasil quizizz. Seluruh peserta didik dapat mencapai ketuntasan dalam evaluasi pembelajaran dikarenakan peserta didik semakin termotivasi untuk bisa mengerjakan quizizz, sehingga pemahaman materi peserta didik meningkat. Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi sebagai media evaluasi pebelajaran tentu memiliki kendalkendala yang dialami guru ataupun peserta didik.
21344882/SB/2022 | KKI 373 PER a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain