Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok A Di TK THEOBROMA Kajaran Pasirian Lumajang
Kajaran Menghitung adalah kegiatan yang bermain dengan lambang
bilangan dan benda-benda. Kesulitan yang dialami anak usia 4-5 tahun menunjuk
lambang bilangan dengan jumlah benda yang dihitung. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan
bermain Pohon Hitung pada anak kelompok A di TK Theobroma.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Subjek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A di TK Theobroma Kajaran yang
terdiri 6 anak laki-laki dan 7 anak anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data
melalui observasi dan dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi (check list). Tekhnik analis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila
perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam
mengenal lambang bilangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu
angka. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak
yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 81-
100% . Setelah adanya tindakan siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan
anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 86,86%.
Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan
mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media permainan
berupa kartu angka dan mendeonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain pohon hitung dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di
TK Theobroma Kajaran, Pasirian Kab. Lumajang.
Kata Kunci: Kemampuan mengenal lambang bilangan bermain Pohon Hitung
21344874/SB/2022 | KKI 372 PUS u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain