Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok A Di TK THEOBROMA Kajaran Pasirian Lumajang

Electronic Resource

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok A Di TK THEOBROMA Kajaran Pasirian Lumajang

Ngatinem Puspitasari - Nama Orang; Rina Wijayanti, M.Psi - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi - Nama Orang;

Kajaran Menghitung adalah kegiatan yang bermain dengan lambang
bilangan dan benda-benda. Kesulitan yang dialami anak usia 4-5 tahun menunjuk
lambang bilangan dengan jumlah benda yang dihitung. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan
bermain Pohon Hitung pada anak kelompok A di TK Theobroma.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Subjek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A di TK Theobroma Kajaran yang
terdiri 6 anak laki-laki dan 7 anak anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data
melalui observasi dan dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi (check list). Tekhnik analis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila
perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam
mengenal lambang bilangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu
angka. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak
yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 81-
100% . Setelah adanya tindakan siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan
anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 86,86%.
Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan
mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media permainan
berupa kartu angka dan mendeonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain pohon hitung dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di
TK Theobroma Kajaran, Pasirian Kab. Lumajang.
Kata Kunci: Kemampuan mengenal lambang bilangan bermain Pohon Hitung


Ketersediaan
21344874/SB/2022KKI 372 PUS u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PUS u/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xi, 89hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kemampuan mengenal lambang bilangan
Pohon Hitung
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik