Electronic Resource
Analisis Wiraga Dalam Pembelajaran Tematik Siswa SD Kecamatan Sukun
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang penerapan wiraga dalam pembelajaran tematik dan hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sukun dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berfokus pada 3 gugus sekolah dasar di Kecamatan Sukun yang terdiri dari gugus 1, gugus 2 dan gugus 3. Sedangkan subjek penelitian yang diamati oleh peneliti yaitu 2 guru kelas rendah dan 2 guru kelas tinggi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah dasar di Kecamatan Sukun telah menggunakan Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Tematik. Selain itu, beberapa guru juga telah memanfaatkaan wiraga ketika menjelaskan materi. Beberapa aspek wiraga yang muncul dalam pembelajaran berupa gerakan kepala, gerakan tangan, tatapan mata dan ekspresi wajah. Namun, ada beberapa guru juga yang belum bisa memanfaatkan wiraga saat pembelajaran. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadi kendala di antaranya yaitu keterbatasan ruang, sinyal yang kurang stabil, kuota internet dan keterbatasan gawai.
21344871/SB/2022 | KKI 372 YUA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain