Electronic Resource
Efektivitas Penggunaa Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas III SD Di Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran daring (dalam jaringan) selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan WhatsApp Group yang merupakan aplikasi paling banyak digunakan untuk pembelajaran jarak jauh saat ini, khususnya di kelas III SD Negeri 3 Wonorejo (2) Kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru selama melaksanakan pembelajaran daring menggunakan WhatsApp Group (3) Solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi berbagai kendala tersebut. Penelitian yang dilaksanakan pada Bulan Desember 2020 ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengambilan data dilakukan melalui tiga kegiatan, yaitu: (1) observasi selama satu bulan penuh, (2) wawancara kepada lima orang guru pengajar di kelas III, lima orang siswa kelas III, dan lima orangtua siswa, serta (3) dokumentasi sebagai bukti penunjang kegiatan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan WhatsApp dengan baik sebagai media komunikasi dengan para siswa. Namun pada kenyataannya siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran karena terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat siswa belajar. Kendala tersebut antara lain sulitnya sinyal, keterbatasan kuota internet, serta keterbatasan penggunaan Handphone. Dari kendala tersebut guru sulit memantau tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan siswa juga sering telat dalam pengumpulan tugasnya sehingga peneliti mendeskripsikan solusi untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi siswa dan guru selama pembelajaran daring melalui WhatsApp Group.
Dari hasil penelitian ini diharapkan adanya perhatian lebih dari pemerintah, khususnya untuk sekolah pinggiran seperti SD Negeri 3 Wonorejo ini. Selain itu para guru, siswa, dan orangtua mengharapkan pandemi ini segera berakhir agar proses pembelajaran bisa kembali normal seperti sedia kala.
21344861/SB/2022 | KKI 372 NUR e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain