Electronic Resource
Peningkatan Kreatifitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Dharmawanita Sumberwuluh 02
Pendidikan siswa di Taman Kanak-Kanak guna membentuk perkembangan pengetahuan, sikap, kreatifitas dan yang dibutuhkan siswa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dimanapun berada. Individu yang kreatif akan selalu mencari dan menemukan jawaban dalam memecahkan masalah, selalu bersikap terbuka terhadap sesuatu yang baru dan tidak diketahui sebelumnya serta memiliki sikap yang lentur (fleksibel), suka mengekpsresikan diri dan bersikap natural (asli). Pada TK Dharmawanita Sumberwuluh 02 kreatifitas anak pada kegiatan kolase belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu perlu diadakn inovasi dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan kreatifitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreatifitas siswa melalui aktifitas membuat kolase di Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Sumberwuluh 02 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang pada kelompok B. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. Sumber observasi adalah siswa kelompok B TK Dharmawanita Sumberwuluh 02 ada 16 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki
dan 8 siswa perempuan yang berada pada rentang usia 6-7 tahun.
Dilihat dari hasil observasi yang dilakukan dalam peningkatan kemampuan siswa membuat kolase diketahui siswa pada kriteria Berkembang Sangat Baik 4 siswa dari 16 siswa atau 25 %. Siswa pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan yaitu 4 siswa dari 16 siswa atau 25%, dan siswa yang berada ada kriteria Mulai Berkembang ada 8siswa dari 16 siswa atau 50%. Pada Siklus II menunjukkan 16 siswa atau 100% sudah membuat kolase dengan baik. Pemberian penghargaan pada siswa efektif guna memotivasi siswa agar percaya diri siswa dalam aktivitas kegiatan membuat kolase. Motivasi berupa lisan pada seluruh siswa yang akan melakukan kegiatan membuat kolase juga
menambah semangat siswa.
Berdasarkan hasil observasi pada pra tindakan, Siklus I, dan Siklus II Kemampuan membuat kolase siswa kelompok B TK Dharmawanita Sumberwuluh 02 terjadi peningkatan membuat kolase sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan demikian disimpulkan melalui aktivitas kegiatan membuat kolase mengalami peningkatan.
21344858/SB/2022 | KKI 372 MUJ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain