Electronic Resource
Pengembangan Media Kobola (Kotak Bola Angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di TK Muslimat Nu 28 Malang
Pendidikan pada anak usia dini merupakan Pendidikan fundamental untuk menunjang Pendidikan anak pada masa selanjutnya, sehingga stimulasi yang bermakna yang diberikan pada saat usia dini dapat menjadikan individu yang kreatif dan mandiri. Pada pembelajaran di TK Muslimat NU 28 Malang berdasarkan hasil observasi awal pada masa pandemic yang dilakukan secara daring (googlemeet) dan tatap muka seminggu sekali per kelompok anak pada tahun ajaran 2020-2021 terhadap kelompok A menunjukkan bahwa kemampauan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 masih belum maksimal dan kurang dipahami anak dengan baik, hal ini dikarenakan kelompok A yang berusia 4 sampai 5 tahun mempunyai karakter yang berbeda-beda dalam hal pemahaman lambang bilangan 1-10, sehingga mengalami kesulitan dalam memahami lambang bilangan dan masih belum mampu membilang, menyebut dan mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan benar. Pembelajaran yang membosankan mengakibatkan anak kurang tertarik dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian untuk mengetahui media kobola (kotak bola angka) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Muslimat NU 28 Malang pada kelompok A yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) yang ditemukan oleh Borg and Gall dan dikembangkan oleh Sugiyono (2017).
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berdasarkan hasil dari uji ahli materi dan ahli media untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A yang memiliki kevalidan sebesar 97,5% pada uji media dan 92,5% pada uji materi dengan kategori Sangat Baik sehingga media Kobola (media bola Angka) ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternative media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan aman bagi anak dalam kegiatan belajar, terutama pada anak kelompok A.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media Kobola (kotak bola angka) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga media ini layak dipergunakan dan dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam menggunakan media pembelajaran. Selain itu guru dapat memberikan motifasi dan menstimulus agar kemampuan kognitif anak dapat terus meningkat.
21344850/SB/2022 | KKI 372 SUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain