Electronic Resource
Pengembangan Media Bodarin Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Kelompok B Di TK PGRI 3 Wagir Kabupaten Malang
Kemampuann bahasa reseptif merupakan kemampuan anak dalam memahami bahasa lisan yang didengar atau dibaca, kemampuan dalam bahasa reseptif bersifat sebagai input atau masukan dalam tumbuh kembang anak secara umum. Kegiatan yang digunakan untuk mengembangkan bahasa reseptif hanya berupa lembar kerja pada buku paket, hal ini menunjukkan kurangnya media yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak sehingga perkembangan bahasa reseptif anak menjadi kurang optimal. Kondisi tersebut terjadi pada anak kelompok B TK PGRI 3 Wagir Kabupaten Malang.
Tujuan penelitian ini anatara untuk mengetahui Apakah Pengembangkan Media BODARIN (Bola Dalam Rintangan) dapat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Kelompok B Di TK PGRI 3 Wagir Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media BODARIN (Bola Dalam Rintangan). Terdiri dari 4 tahapan uji kelayakan media: uji ahli, uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, uji operasional. Penelitian ini dlakukan di TK PGRI 3 Wagir Kabupaten Malang, subjek penilitian kelompok B yang berjumlah 18 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil uji validasi ahli materi tahap I menunjukkan hasil 77,9%, hasil validasi ahli materi tahap II menunjukkan hasil 92,6%, hasil uji validasi ahli media menunjukkan hasil 98,0% dan uji lapangan terbatas menunjukkan hasil sebesar 91,6% yang menunjukkan media BODARIN (Bola Dalam Rintangan) sangat layak untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak kelompok B di TK PGRI 3 Wagir.
Kesimpulan media BODARIN (Bola Dalam Rintangan) sangat layak digunakan untuk pembelajaran bahasa reseptif anak kelompok B di TK PGRI 3 Wagir, hal ini dapat dilihat dari hasil uji yang telah dilakukan.
21345422b/SB/2023 | KKI 372 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain