Electronic Resource
Pengembangan Modul Bangun Ruang Berbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas V SD Negeri Rejoso 1
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan modul dan penggunaan bahan ajar yang kurang menunjang keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul matematika berbasis inkuiri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap analyze, (2) Tahap design , (3) Tahap development, (4) Tahap implementation, (5) Tahap evaluate Subjek uji coba produk modul ini meliputi guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Rejoso 1 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar angket validator untuk mengetahui kelayakan modul, lembar angket guru untuk mengetahui kepraktisan modul, soal evaluasi untuk mengetahui keefektifan modul, dan dokumentasi berbentuk foto pengembangan modul serta proses pengimplementasian modul di SD Negeri Rejoso 1. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa modul matematika berbasis inkuiri ini telah melalui tahapan-tahapan sistematis penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil validasi tingkat kelayakan memperoleh nilai rata-rata 88,7% dengan kategori sangat layak, hasil angket oleh guru memperoleh 89,2% dengan kategori sangat praktis, serta uji coba terbatas pada siswa kelas V memperoleh 89,6% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, modul matematika berbasis inkuiri layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar penunjang pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SD Negeri Rejoso 1 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.
21344796/SB/2022 | KKI 372 JAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain