Electronic Resource
Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga Di Tinjau Dari Taksonimi Marzano SMP Kelas VII
Berdasarkan observasi di SMP PGRI 03 Malang peneliti mengetahui bahwa peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal. Sebagian besar peserta didik kesulitan dalam memahami konsep. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti melakukan penelitian Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Segitiga ditinjau dari Taksonomi Marzano. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal segitiga dengan menggunakan Taksonomi Marzano.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber penelitian adalah peserta didik kelas VII-B SMP PGRI 03 Malang berjumlah 32 peserta didik. Subjek yang terpilih sebanyak 6 subjek kemudian diberikan soal tes dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan lembar tes, dan pedoman wawancara.
Pada penelitian ini, menggunakan sistem kognitif dalam Taksonomi Marzano, sistem kognitif dibagi menjadi 4 level yaitu: Level 1 Retrieval Knowledge, level 2 Comprehension Knowledge, level 3 Analysis Knowledge dan level 4 Utilazation Knowledge. Berdasarkan 4 level tersebut pada level retrieval knowledge S1 menyelesaikan keenam soal tetapi hanya satu soal yang benar. Pada level retrieval knowledge dan comprehension knowledge. S2 mengerjakan keenam soal tetapi hanya dua soal yang benar. Pada level retrieval knowledge S3 menyelesaikan keenam soal tetapi benar hanya satu soal. Pada level retrieval knowledge S4 menyelesaikan keenam soal tetapi hanya satu yang benar. S5 pada level retrieval knowledge menyelesikan keenam soal tetapi hanya satu soal yang benar. Sedangkan S6 pada level retrieval knowledge menyelesaikan keenam soal tetapi hanya satu soal yang benar. Saran untuk sekolah, guru dan peneliti lain harus melengkapi sarana dan fasilitas sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dan guru dapat memilih metode mengajar dan media pembelajaran yang sesuai. untuk peneliti lain yang akan meneliti penelitian yang sejenis dengan yang diteliti agar dapat memperbaiki kekurangan dan kesalahan yang ada pada hasil penelitian ini.
| 21344780/SB/2022 | KKI 510 BIT a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain