Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Untuk Siswa Kelas XI SMK ASH Sholihuddin Dampit Kabupaten Malang
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada materi barisan dan deret aritmatika guru menyampaikan pembelajaran via zoom sehingga siswa masih kebingungan saat pembelajaran, dan kesulitan mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi tersebut, banyak siswa yang nilainya masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Solusi yang tepat untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret aritmatika.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret aritmatika, 2. Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret aritmatika, 3. dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneletian ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation ). Penelitian ini dilakukan di SMK Ash sholihuddin Dampit Kabupatan Malang dengan subjek siswa kelas XI dengan jumlah 26 siswa. Uji coba dilakukan dua kali yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek pada uji coba kelompok kecil berjumlah 6 siswa dan uji coba kelompok besar berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru, angket siswa dan ujian.
Hasil dari lembar validasi ahli materi dan ahli media dilakukan untuk menguji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 91,6% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari ahli media memperoleh skor rata- rata sebesar 93,75% dengan kriteria sangat layak.
Hasil dari angket respon guru dan siswa dilakukan untuk menguji kepraktisan produk. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh skor 90,72% dengan kriteria sangat praktis dan berdasarkan hasil dari respon siswa pada uji coba lapangan kecil dan besar diperoleh skor rata-rata 80,13% dan 81,5% dengan kriteria praktis. Hasil ujian yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar didapat skor rata-rata 83, 3 dan 85 dengan kriteria sangat efektif.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh untuk kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret kelas XI sangat layak, praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu menyempurnakan media pembelajaran berbasis web ini dengan mengembangkan media dengan tampilan yang lebih elegan dan menarik lagi serta penambahan sistem – sistem yang lebih kompleks dan fitur baru yang lebih menarik lagi
21344777/SB/2022 | KKI 510 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain