Electronic Resource
Pengembangan Media Kotak Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok Adi TK Tafrihatul Wildan Kota Malang
Berdasarkan nilai tes awal kelompok A Tl Tafriharul Wildan , praktik awal pada pelajaran peserta duduk lebih banyak dibantu oleh guru dalam menyelesaikan tugas –tugasketerampilan . Hal ini desebapkan peserta didik hanya terbiasa menyelesaikan lembar kerja saja , setelah memberikan pengarahan tentang cara pengerjaan lembar kerja , guru melaksanakan pendampingan pada peserta didik yang kurang maksimal dan hanya menunggu hasil kerja kegiatan peserta didik serta memberikan penilaian pada hasil kerja peserta didik . Oleh karena itu , perlu inovasi dalam kegiatan pembelajaran dikelompok A agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Penelitian pengembangan media ini bertujuan melati kelayakan media dalam meningkatkan kemampuan anak dalam menyimak cerita .
Jenis peneliti yang digunakan dalam peneliti inin adalah 8 tahap penelitian yaitu : 1) potensi dan masalah , 2 ) penggumpulan dara , 3 ) desain produk , 4 ) validasi desain , 5 ) revisi desaian , 6 ) uji coba produk , 7 ) revisi produk , 8 ) uji coba pemakaian .
Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelompok A Tk Tafrihatil Wildan Kota Malang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumblah 10 anak , terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan usia 4-5 tahun.
Hasil validasi dari ahli materi diketahui skor 50 dan presentase 96,15% .
Hasil validasi dari ahli media diuketahui skor 50 dengan presentase 89,26% . Hasil uji coba kelom[pok kecil dengan jumblah 5 anak memperolrh jimblah nilai 34 dari total 5 dipresentasekan sehingga didapatkan hasil 88, 5 % . H asil uji coba lapangan operasional dengan jumblah keseluruhan 10 anak memperolej jumblah nilai 34 dipresentasekan sehingga didapatkan hasil 98,75 % .
Berdasarkan hasil pengembangan medi kotak cerita layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyimak dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak cerita layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A . Saran dari hasil peneliti ini , peril ditindak lanjuti untuk meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik . Bagi peneliti selamjutnya diharapkan dapat lebih menyempurnakan media pembelajaran yang telah dokembangkan .
21344775/SB/2022 | KKI 372 SIM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain