Electronic Resource
Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Desain Moodle Dengan Materi Statistika Di MTs Al Muslihuun SumberManjing Wetan
Media pembelajaran berbasis Web sangatlah penting untuk pembelajaran matematika, guru dapat menyiapkan media yang sesuai dengan kondisi di sekolah sehingga peserta didik dapat mendapatkan hasil yang maksimal untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis web materi statistika.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs AL MUSLIHUUN Sumbermanjingwetan tahun pelajaran 2020/2021. Uji coba kelompok kecil terdiri dari 9 peserta didik dan uji coba kelompok besar terdiri dari 23 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki kepanjangan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh dua validator yaitu validator materi dan desain. Instrumen penelitian ini yaitu angket respon peserta didik untuk hasil kepraktisan, hasil tes untuk hasil keefektifan dan lembar observasi pembelajaran untuk hasil kepraktisan.
Rata-rata hasil analisis data validasi ahli materi adalah 3,67 sedangkan ahli desain adalah 3,70 yang termasuk pada kategori “sangat valid” dengan revisi. Hasil analisis data kepraktisan dapat dinilai dari hasil skor angket respon peserta didik, rata-rata hasil analisis data kepraktisan pada uji kelompok kecil adalah 3,39 sedangkan pada kelompok besar adalah 3,50 yang termasuk media dengan kategori “sangat layak”. Hasil analisis data keefektifan dapat dilihat dari nilai tes peserta didik, rata-rata hasil analisis data keefektifan pada uji kelompok kecil dan kelompok besar secara adalah 86,66 dan 87,39 yang termasuk media dengan kategori “sangat efektif”. Berdasarkan ujicoba diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi statistika valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
21344771/SB/2022 | KKI 510 RAM s/p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain