Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Pemahaman Peserta Didik Berdasarkan  Taksonomia Bloom Ditijau Dari Gaya Kognitif Pada Soal Spldv

Electronic Resource

Analisis Pemahaman Peserta Didik Berdasarkan Taksonomia Bloom Ditijau Dari Gaya Kognitif Pada Soal Spldv

Riska Lisa Ayunda - Nama Orang; Dr. Sri Hariani, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini lakukan karena peserta didik kurang mampu dalam memahami konsep matematika, tahapan taksonomi Bloom adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa, melalui soal tes cerita materi system persamaan linier dua variabel. Menurut Bloom ranah kognitif dibagi menjadi enam tingkatan yakni, (1) Mengingat, (2) memahami, (3) mengaplikasikan, (4) menganalisis, (5) mengevaluasi, dan (6) menciptakan. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman peserta berdasarkan taksonomi Bloom yang ditinjau dari gaya kognitif impulsive dan reflektif.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan pemahaman peserta didik yang memiliki gaya kognitif impulsive dan reflektif.

Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek peneliti terdiri atas 4 peserta didik kelas X farmasi, yang memiliki kognitif tinggi, serta termasuk sebagai peserta didik yang bemukim di pondok pesantren, hal ini dikarenakan pandemi covid 19 yang belum berakhir, sehingga peneliti hanya dapat meneliti peserta didik yang bermukim. Adapun pengumpulan data pada tahap ini ialah dengan melakukan tes MFFT, tes tertulis soal ceita SPLDV dan wawancara kepada subjek penelitian. Data dianalisi dengan tahapan reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini ialah peserta didik dengan gaya impulsif tingkat pemahaman berdasarkan Bloom jauh lebih rendah dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya reflektif. Peserta didik dengan gaya impulsif dalam memenuhi tahapan-tahapan taksonomi Bloom yakni pada tahap memahami, dan mengaplikasikan kurang sempurna, sedangkan pada tahapan mengavaluasi dan menciptakan peserta didik tidak dapat memenuhi tahapan tersebut. Berbeda dengan gaya kognitif reflektif peserta didik mampu memenuhi semua tahapan-tahapan berdasarkan tahapan taksonomi Bloom.


Ketersediaan
21344770/SB/2022KKI 510 AYU a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 AYU a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xii, 108hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Skripsi
Tahapan Taksonomi Bloom
Gaya Kognitif Impulsif
Reflektif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik