Electronic Resource
Analisis Pemahaman Peserta Didik Berdasarkan Taksonomia Bloom Ditijau Dari Gaya Kognitif Pada Soal Spldv
Penelitian ini lakukan karena peserta didik kurang mampu dalam memahami konsep matematika, tahapan taksonomi Bloom adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa, melalui soal tes cerita materi system persamaan linier dua variabel. Menurut Bloom ranah kognitif dibagi menjadi enam tingkatan yakni, (1) Mengingat, (2) memahami, (3) mengaplikasikan, (4) menganalisis, (5) mengevaluasi, dan (6) menciptakan. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman peserta berdasarkan taksonomi Bloom yang ditinjau dari gaya kognitif impulsive dan reflektif.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan pemahaman peserta didik yang memiliki gaya kognitif impulsive dan reflektif.
Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek peneliti terdiri atas 4 peserta didik kelas X farmasi, yang memiliki kognitif tinggi, serta termasuk sebagai peserta didik yang bemukim di pondok pesantren, hal ini dikarenakan pandemi covid 19 yang belum berakhir, sehingga peneliti hanya dapat meneliti peserta didik yang bermukim. Adapun pengumpulan data pada tahap ini ialah dengan melakukan tes MFFT, tes tertulis soal ceita SPLDV dan wawancara kepada subjek penelitian. Data dianalisi dengan tahapan reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ialah peserta didik dengan gaya impulsif tingkat pemahaman berdasarkan Bloom jauh lebih rendah dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya reflektif. Peserta didik dengan gaya impulsif dalam memenuhi tahapan-tahapan taksonomi Bloom yakni pada tahap memahami, dan mengaplikasikan kurang sempurna, sedangkan pada tahapan mengavaluasi dan menciptakan peserta didik tidak dapat memenuhi tahapan tersebut. Berbeda dengan gaya kognitif reflektif peserta didik mampu memenuhi semua tahapan-tahapan berdasarkan tahapan taksonomi Bloom.
21344770/SB/2022 | KKI 510 AYU a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain